Skip to content

Akhlak Mahmudah: Dermawan

15 September 2011
tags:

Maha suci Allah swt. yang tidak pernah berhenti menyayangi makhluk-Nya. Dengan segala kehendaknya, Allah swy. telah menyediakan segala kebutuhan hamba-Nya. Jika kita sudah mengetahui bahwa Allah swt. selalu memberi pertolongan kepada hamba-Nya, diminta atau tidak, maka kita sangat pantas untuk meniru kemurahan Allah swt. Memberikan pertolongan kepada orang lain merupakan sifat yang sangan mulia Anjuran untuk saling menolong/membantu terdapat dalam firman Allah swt. pada surat Al-Maidah [5] / 2: Hendaklah kamu tolong menolong dalam mengerjakan kebaikan dan takwa dan janganlah kamu tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran”

Sungguh besar balasan dari Allah swt. bagi orang yang dermawan: “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah swt. adalah serupa dengan 1 benih yang menumbuhkan 7 butir, pada tiap-tiap butir seratus biji (1x7x100 = 700), Allah swt. melipat gandakan / pahala bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah swt. Maha luas / karunia- Nya lagi maha mengetahui” (Al Baqarah : 261)

Orang yang suka memberi lebih baik dan lebih mulia daripada orang yang menerima: Alyadul ‘ulya khoirumminal yadissyufla: “tangan di atas (memberi) lebih baik daripada tangan di bawah (meminta)”

Dermawan adalah suatu perilaku sesorang yang selalu berusaha ingin menolong dan meringankan bebang orang lain yang membutuhkan bantuan, baik diminta maupun tidak, baik berupa harta, tenaga, pikiran, dan lain-lain dengan penuh kasih sayang dan hati yang ikhlas.

Manfaat Dermawan:

  1. Membagi kegembiraan kepada orang lain
  2. Lebih disukai orang lain yang ada di sekitarnya
  3. Menghilangkan kesenjangan sosial di lingkungannya

Kebalikan sifat Dermawan = Kikir. Orang yang tidak mau memberikan kepada saudaranya, baik harta maupun yang lainnya disebut kikir (bakhil)

Orang kikir sangat tidak disukai oleh Allah dan termasuk saudara syetan (setan). Berlindunglah kepada Allah agar kita terhindar dari sifat kikir:

Allahhuma inni auzubika minaljubni walbukhr

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan kikir”

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: