Skip to content

Ada “Masjid Nabawi” di Semarang

25 February 2012

Selain Sam Poo Kong dan Lawang Sewu, Semarang juga mempunyai salah satu bangunan yang sangat unik dan indah, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini terkenal akan 6 payung raksasa yang dimilikinya. Anda hanya bisa melihat masjid seperti ini di Semarang dan Madinah.

Pilar yang berjumlah 25 seperti jumlah Nabi

Masjid ini berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, berjarak sekitar 800 meter dari Jalan Arteri Soekarno-Hatta yang merupakan jalan protokol. Hanya 15 menit, waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke tempat ini melalui alun-alun Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pembangunan masjid ini memakan waktu lima tahun dan dapat menampung hingga 15.000 orang. Masuk ke dalam masjid ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Payung raksasa seperti di Masjid Nabawi

Masjid ini memiliki nilai-nilai filosofi umat Islam dalam setiap sudut bangunannya. Di bagian depan terdapat bangunan dengan 25 pilar berarsitektur romawi. Pilar-pilar tersebut melambangkan jumlah Nabi yang diyakini oleh umat muslim. Selain itu, di pintu gerbang terdapat terdapat ukiran kaligrafi dua kalimat syahadat. Di dinding masjid juga terdapat lukisan-lukisan kaligrafi yang indah.

Di ruang utama terdapat Al-Qur’an dengan ukuran 145 cm x 95 cm. Al-Qur’an raksasa dengan tulisan tangan itu dibuat oleh Hayatudin, seorang ahli kaligrafi dari Universitas Sains dan Ilmu Al Qur’an dari Wonosobo, Jawa Tengah. Di masjid ini juga terdapat bedug raksasa buatan santri Pesantren Al Falah Mangunsari, Jatilawang, Banyumas.

Suasana di dalam masjid

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki menara dengan ketinggian 99 meter, yang dikenal dengan nama menara Asmaul Husna. Asmaul Husna adalah 99 sifat Allah yang diyakini oleh umat muslim. Naik ke puncak menara ini dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Di puncak menara Anda bisa melihat keindahan Kota Semarang dan Pelabuhan Tanjung Emas. Menara ini merupakan simbol dari keagungan dan kebesaran Allah.

Selain itu juga terdapat Museum Perkembangan Islam di Indonesia, perpustakaan, cafe muslim, auditorium, kios cenderamata, dan berbagai sarana hiburan seperti area bermain anak-anak dan kereta kelinci yang dapat mengantarkan pengunjung mengelilingi kompleks masjid ini.

Suasana saat malam hari

Keistimewaan masjid ini adalah mempunyai 6 payung hidrolik raksasa yang bisa dibuka-tutup secara otomatis. Payung-payung ini merupakan adopsi dari bangunan Masjid Nabawi di Madinah. Jika payung ini dibuka dapat menampung hingga sepuluh ribu orang. Payung-payung ini biasanya dibuka dalam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Jumlah payung tersebut melambangkan jumah rukun iman.

Salah satu masjid terbesar di Indonesia

Beribadah sambil berwisata ziarah di masjid ini akan memberikan ketenangan dan kesyahduan hati untuk Anda. Masjid Agung Jawa Tengah juga telah dikenal oleh wisatawan mancanegara dan menjadi salah satu kebanggaan Indonesia.

Source: 1 | Keyword: Lawang Sewu, Masjid Nabawi, Masjid Agung Jawa Tengah, Asmaul Husna, Kota Semarang,

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: