Skip to content

Memori Cepat Menurun Jika Mendekati Kematian

8 April 2012

Important

Kami tidak dapat bertanggung jawab dan tidak bisa menjamin bahwa informasi kedokteran yang diberikan di halaman ini adalah benar.

Mintalah pendapat dari tenaga medis yang profesional sebelum melakukan pengobatan.

Penurunan memori biasanya terjadi akibat proses penuaan. Tapi studi menemukan memori seseorang akan menurun lebih cepat jika ia sudah mendekati dengan waktu kematian sekitar 2-2,5 tahun sebelum kematian.

Ilustrasi

Ilustrasi

Dalam 2 penelitian didapatkan memori seseorang akan menurun lebih cepat pada 2-2,5 tahun sebelum kematian. Kedua penelitian ini diterbitkan secara online 4 April 2012 dalam Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology.

Peneliti melibatkan 174 orang yang tidak memiliki masalah memori, lalu memori yang dimiliki diuji ketahanannya selama 6-15 tahun hingga sebelum kematiannya. Setelah meninggal, ilmuwan meneliti otak partisipan.

Studi menemukan rata-rata sekitar 2-2,5 tahun sebelum kematian, memori dan kemampuan berpikir seseorang cenderung menurun bersamaan sekitar 8-17 kali lebih cepat dari sebelumnya.

“Kami menggunakan akhir kehidupan sebagai acuan untuk penelitian tentang penurunan memori dan bukan saat kelahiran,” ujar penulis studi Robert S Wilson, PhD dari Rush University Medical Center di Chicago, seperti dikutip dari MedIndia.

Hiroko H Dodge, PhD dari Oregon Health and Science University di Portland menuturkan perubahan kemampuan mental selama 2-3 tahun sebelum kematian tidak terkait dengan penyakit Alzheimer.

“Penurunan memori dan kognitif ini kemungkinan melibatkan beberapa perubahan biologis di otak yang khusus untuk akhir kehidupan,” ujar Hiroki yang juga anggota American Academy of Neurology.

Secara normal kemampuan berpikir orang dewasa yang sehat akan mulai menurun saat berusia 45-49 tahun, namun secara perlahan. Tapi kondisi penurunan ini akan menurun jauh lebih cepat menjelang kematiannya.

Source: 1

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: